1. Thompson, Arthur  A., A. J. Strickland, dan Gamble, John E. (2007), Crafting and Executing  Strategy: The Quest for Competitive Advantage: Concepts and Cases,   McGraw-Hill Companies
Buku  karangan Thompson ini lebih menfokuskan dan menyajikan temuan  penelitian terbaru dari literatur secara teori dan praktik penerapan  strategi pada perusahaan. Isi pada setiap bab dan sub bab menjadi  mainstream kokoh dan seimbang, keduanya mencerminkan pemikiran akademik  yang baik dan pragmatisme dunia nyata dalam manajemen strategis.  Pemilihan materi pada studi kasus beragam, terbaru, tepat waktu, dan  menciptakan dan melengkapi teks yang dapat mendorong untuk menerapkan  konsep dan alat analisis yang disajika dalam buku ini. Contoh kasus juga  pada perusahaan yang mempunyai profil tinggi. Dan Materi-materinya  secara komprehensif sebagai alat pendukung yang mudah digunakan, sangat  efektif, dan cukup fleksibel dan tinggal menyesuaikan saja dengan desain  apapun.
2. Jeffs, Chris , (2008), Strategy Management, SAGE 
Struktur  materi buku Manajemen strategis ini merupakan pengenalan diakses dengan  subyek yang akan membantu pemula (masih dasar isinya) untuk memperluas  pemahaman terhadap konsep-konsep kunci dan meningkatkan kemampuan  berpikir mereka sesuai dengan persyaratan kursus. Buku ini lebih  sederhana isi struktur materinya, dan babnya pun lebih singkat dan  ringkas, mungkin untuk pengetahuan tahap awal dalam memahami konsep  dasar managemen strategic, selain sub babnya sederhana juga cara  penyampaian (isi buku) materinya  lebih praktis pada point-point  intinya, dan isi materi ini lebih kepada tata cara pengimpementasian  strategi secara professional.
3. Hunger , J.David, dan  Wheelen, Thomas  (2006), Essentials of Strategic Management, Prentice Hall
Ini  materi buku ini menjelasan secara singkat mengenai konsep yang paling  penting dan teknik dalam Manajemen Strategi. Buku Essentials of  Strategic Management jika di lihat dari materi babnya khusus dirancang  secara praktek dan sangat cocok jika diaplikasikan di perusahaan serta  program pelatihan eksekutif. Pengenalan dasar mengenai manajemen  strategis, dengan berfokus pada konsep-konsep dasar dan aplikasi pada  bidang manajemen. Topik meliputi lingkungan industri dan analisis,  perumusan strategi: strategi perusahaan, strategi implementasi:  pengorganisasian untuk melakukan tindakan. Sub materi ini juga disajikan  secara konseptual dan ini sangat bermanfaat bagi para profesional di  bidang perencanaan strategis dan strategi kompetitif.
4. Eisner, Alan dan Dess,  Gregory (2007), Strategic Management: Creating Competitive Advantages, McGraw-Hill Companies
Isi  materi buku ini memberikan perlakuan yang solid topik tradisional dalam  pengelolaan strategis serta menyeluruh cakupan topik kontemporer  seperti digital dan internet strategi, inovasi dan kewirausahaan  perusahaan, pengetahuan manajemen , dan aset intelektual.  Isi dan teks  ini memberikan ilustrasi, yang memperjelas topik yang paling sulit.  Selain itu juga isi materi lebih bagus sebab terstruktur dan terarah  karena di bagi kepada bebarapa bagian untuk utk lebih memudahkan pembaca  untuk memahami setiap permasalahan dan topik.
5.  Hitt, Michael A. ., Hoskisson, Robert E. ., dan  Ireland, R. Duane ,  (2008), Strategic Management: Competitiveness and Globalization,  Concepts and Cases, Ed 8th, Cengage Learning
Isi  materi buku ini lebih sederhana dan praktis terfokus pada daya saing  secara global,  menyeluruh, up-to-date, dan contoh-contoh kasus yang  relevan dengan bisnis global. Isi materi buku ini juga memberikan  penjelasan mengenai penambahan media baru yang kuat dan sumber daya  teknologi, termasuk program video yang diperbarui, alat pengajaran  secara online dan and Company Resource Center (BCRC)- sebuah perpustkaan  bisnis elektronik lengkap. Dalam buku ini juga menggunakan model yang  unik memadukan organisasi industri klasik dengan pandangan berbasis  sumber daya perusahaan untuk menjelaskan bagaimana dunia bisnis secara  nyata dan bagaiman menggunakan manajemen strategis diterapkan untuk  membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Contoh-contoh yang  relevan dan konsep-konsep yang terbaru, tokoh-tokoh terkemuka serta  model untuk mengilustrasikan kunsi-kunsi dan berbagai masalah penting  yang dihadapi manager pada saat sekarang ini.




  Muhammad Rasyidin Arrafif
0 komentar:
Posting Komentar